Kamis, 30 Oktober 2014

Kelas 4C SD YPS Singkole 2014/2015

Tahun 2014 ini kembali diberi tanggungjawab untuk mengajar dan mendidik siswa-siswi kelas IVC. Jumlah siswa 25 orang dengan komposisi 9 siswa putri dan 16 siswa putra. 
Foto bersama siswa-siswi Kelas IVC bersama guru kelas, Ms. Tity
Ketua kelas terpilih adalah Salsa dan wakil ketua kelas adalah Faqih. Salsa dan Faqih menjalankan tugas sebagai pengurus kelas dengan rajin. Setiap pagi, ketua kelas akan mempersiapkan teman-temannya untuk berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas. Tentu saja didahului dengan pemeriksaan kerapian, baik seragam, rambut maupun kuku. Ketua kelas atau wakil akan memimpin teman-temannya untuk berdoa sebelum pembelajaran dimulai, dilanjutkan dengan melafalkan visi dan misi YPS, diakhiri dengan salam kepada guru. Ketua kelas dan wakil ketua kelas juga bertanggungjawab untuk ketenangan dan keamanan kelas. 
Sementara, sekretaris kelas IVC adalah Ratu. Sekretaris bertugas untuk mendata kehadiran teman-temannya dan menyampaikan kepada guru sekiranya ada teman yang belum atau tidak masuk hari ini.

Untuk manajemen kelas, Ms Tity mengatur posisi duduk dalam 4 kelompok, yang masing-masing terdiri dari sedikitnya 6 siswa. Tiap kelompok mempunyai ketua kelompok dan wakil ketua kelompok yang bertanggungjawab untuk pembagian tugas dan kerapian kelompok masing-masing. Kelompok ini disebut kelompok meja karena siswa duduk bersama dalam kelompok ini. Selain itu, terdapat juga kelompok 4, yakni, kelompok yang terdiri dari 4 siswa yang berasal dari tiap kelompok meja. Untuk kelompok 4 ini, guru juga memilih seorang dari mereka untuk menjadi ketua kelompok. Dengan demikian siswa mempunyai kesempatan untuk bersosialisasi, belajar bekerjasama dengan lebih banyak teman setiap harinya. Para siswapun merasa lebih bersemangat ketika bekerjasama dalam kelompok baik kelompok meja maupun kelompok 4.

Jam belajar siswa adalah dari pukul 07.30 - 14.00 setiap hari Senin-Kamis dan 07.30 - 10.40 untuk hari Jumat.

Karena SD YPS telah memberlakukan Kurikulum 2013, maka siswa kelas IVC pun mengikuti pembelajaran dengan Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran tematik yang mencakup muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBdP yang diajarkan oleh guru kelas (Ms Tity). 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar